SITTAH: Journal of Primary Education
Vol. 2 No. 2 (2021): SITTAH: Journal of Primary Education

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI SUHU DAN KALOR DI SEKOLAH DASAR

Cristiana, Dwi Indah (Unknown)
Anjarini, Titi (Unknown)
Purwoko, Riawan Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis kontekstual pada materi suhu dan kalor untuk kelas 5 SD; (2) menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis kontekstual pada materi suhu dan kalor kelas 5 SD yang layak untuk dipergunakan. Jenis penellitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Uji keterbacaan penelitian ini sejumlah 6 siswa SD Negeri Sindurjan Purworejo. Penelitian ini menghasilkan kevalidan dan kepraktisan produk. Nilai sebesar 3,32 diperoleh dari validasi ahli media dan 3,15 dari ahli materi, sehingga diperoleh nilai mean  sebesar 3,23 dan tergolong kategori valid. Berdasarkan  kuesioner  respon siswa didapatkan  nilai sebesar 3,53 sehingga termasuk kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis kontekstual pada materi suhu dan kalor untuk sekolah dasar dinyatakan layak karena telah memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid dan sangat praktis, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas V sekolah dasar. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sittah

Publisher

Subject

Education

Description

SITTAH: Journal of Primary Education covers the study of Islamic Education worldwide, especially at the primary school level or Madrasah Ibtidaiyah. The study should aim at gaining some new knowledge in the scope of Islamic Education or gaining any developmental advantages as these topics below: ...