Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pedidikan Agama Kristen Kelas X SMA Yapim Medan

Tanjung, Winda Nadya U (Unknown)
Siregar, Nurliani (Unknown)
Munthe, Bangun (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan aplikasi media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Kristen kelas X SMA Yapim Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas X SMA Yapim yang berjumlah 40 orang siswa, dimana dipilih sebagai sampel yaitu: Kelas X.1 sebagai kelas kontrol dimana diajarkan model pembelajaran konversional dan kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional dengan menerapkan media pembelajaran Kahoot. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk Multiple choice yang telah dilakukan uji instrumen validitas nya. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata- rata post- test kelas eksperimen adalah 75,75 dengan standart deviasi 6,93. Dari hasil uji hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh˃ (3,75 1,687) sehingga ditolak dan sebaliknya diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan aplikasi media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar siswa. Selama proses pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi aktivitas belajar siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...