Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Siswi Di SMP HKBP Sidikalang

Hutagaol, Risky Alda (Unknown)
Simanjuntak, Harlen (Unknown)
Sitorus, Pontas Jamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP HKBP Sidikalang tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan klustural sampling sederhana, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 25 siswa. sehingga diperoleh jumlah sampel diperoleh sebanyak 50 siswa , penelitian ini menggunakan desain eksperimen posttes-only design. Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks deskripsi dari analisis kemampuan meningkatkan teks deskripsi di kelas VII SMP HKBP Sidikalang menggunakan strategi Problem Based Learning(PBL) skor terendah 50 dan skor tertinggi 90 dengan rata-rata 75,4. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung = -5,77 dan ttabel = 2,041 dengan taraf signifikan 5% dengan df=N-1, df yaitu 25 maka 24. Dari df 24 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,05 berdasarkan hitungan yang telah dilakukan , dapat diketahui bahwa Thitung>Ttabel yaitu -5,77>2,041. Dengan demikian hipotesis awal (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, sehingga akan dinyatakan bahwa Strategi Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan meningkatkan teks deskripsi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...