Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 4 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Analisis Kedisiplinan Guru Dalam Menaati Peraturan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bustanul Ulum Pekanbaru

Nurhafizah, Nurhafizah (Unknown)
Putri, Salsabillah (Unknown)
Firdaus, Firdaus (Unknown)
M. Rezi Muda Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Kedisiplinan guru dalam menaati aturan adalah komitmen dan konsistensi seorang guru untuk mematuhi berbagai peraturan, tata tertib, dan norma yang berlaku dalam lingkungan pendidikan dan tugas mereka sebagai pendidik. Aturan pada setiap Lembaga pendidikan ini sangat penting dalam membentuk kedisiplinan para guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kedisiplinan guru dalam menaati semua aturan yang ada di sekolah dasar islam terpadu bustanul ulum. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dengan instrument penelitia disiplin waktu, disiplin administrasi, disiplin berpakaian,dan disiplin pelaksanaan tugas. Populasi penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bustanul Ulum. Sampel penelitian ini 21 responden yaitu guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Bustanul Ulum. Dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan menghasilkan (1) pada r hitung 0,651 > r tabel 0,432 berdasarkan uji signifikan 0,05 artinya bahwa data tersebut valid; (2) melalui uji reliabelitas dihasilkan nilai cronbach’s alpha > nilai batas yaitu 0,618 > 0,60 yang menunjukkan bahwa variabel kedisiplinan Reliabel

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...