Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI di SDN 25 Teluk Pakedai melalui penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM). Metode ICM adalah metode pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas mencocokkan kartu soal dan jawaban, sehingga dapat meningkatkan interaksi siswa dan pemahaman konsep secara lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan metode ICM. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa mencapai 70 dengan 65% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80, dengan 85% siswa mencapai KKM. Keaktifan siswa juga meningkat, terlihat dari 90% siswa yang aktif berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok. Penerapan metode ICM terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa, serta meningkatkan keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama dan komunikasi. Penelitian ini menyarankan agar metode ICM diterapkan secara berkelanjutan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024