Artikel ini membahas salah satu mata pelajaran penting yang perlu dipelajari, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA memiliki peran signifikan karena mencakup kajian alam secara sistematis, tidak hanya sebagai kumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip, tetapi juga sebagai proses penemuan ilmiah. Pendidikan IPA seharusnya menjadi sarana bagi peserta didik untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, siswa dapat mengaplikasikan dan mengembangkan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi individu yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi. Namun, pembelajaran IPA kerap menghadapi tantangan, terutama dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami dan mengingat konsep, khususnya pada materi sistem perkembangan tumbuhan. Rendahnya tingkat pemahaman siswa sering terlihat dari nilai rata-rata yang belum memenuhi standar ketuntasan belajar. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan solusi inovatif melalui penerapan model pembelajaran yang efektif. Salah satu model pembelajaran yang relevan adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Model ini mampu memotivasi siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar mengajar. Dengan pendekatan kolaboratif, siswa tidak hanya belajar secara individu tetapi juga bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan pembelajaran, yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024