kepemimpinan Pemimpin sekolah memiliki tanggung jawab utama dalam meningkatkan mutu pendidikan di institusi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kepala sekolah di RA Fatih Al Baariq menggunakan strategi kepemimpinan dengan mengembangkan kurikulum yang memenuhi kebutuhan lokal, pemberdayaan guru, serta melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran siswa. Adapun pengawasan terhadap pelaksanaan strategi ini adalah evaluasi berkala, baik internal maupun eksternal, mutu pendidikan dilakukan guna memastikan tujuan pendidikan tercapai secara optimal. Dukungan yang diberikan oleh yayasan dan masyarakat juga berperan dalam mendukung keberhasilan pengawasan strategi kepemimpinan kepala sekolah. Dengan temuan ini, dapat memberikan wawasan mengenai perlunya sinergi antara strategi kepemimpinan dan pengawasan yang efektif guna meningkatkan kualitas pendidikan di RA Fatih Al Baariq.
Copyrights © 2025