Borneo Journal of Biology Education (BJBE)
Vol 6, No 2 (2024): Oktober

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Anggraini, Atika (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa melalui pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran. Pemahaman konsep membuat mahasiswa lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan. Metode pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep yang diajarkan adalah pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis Lesson Study (LS). Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Lesson Study yang terdiri dari tahapan Plan, Do, See. Subjek dalam pembelajaran yaitu dosen, observer dan 18 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan uji statistik hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep dari pre-test ke post-test.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bjbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Other

Description

Borneo Journal Of Biology Education (BJBE), Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. BJBE merupakan media publikasi ilmiah seperti gagasan, Kajian, dan hasil penelitian yang berkualitas terkait Biologi dan ...