Aktualita
Vol 14 No II (2024): Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan

Analisis Hubungan Penerapan Manajemen Pemasaran Syariah dengan Tingkat Kepuasan Konsumen di Desa Kempas Jaya

Rahmawati, Azizah (Unknown)
Rizki, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian inilah adalah untuk menganalisis atau mengetahui tentang hubungan penerapan manajemen pemasaran syariah dengan tingkat kepuasan konsumen di desa Kempas Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasi (hubungan) dengan jenis data primer dan data sekunder yang didapat dari angket (kuesioner) dan wawancara. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah Probability Sampling dengan teknik analisis data menggunakan skala Likert. Pembahasan yang diteliti dalam penelitian adalah manajemen pemasaran syariah, konsep pemasaran, etika pemasaran syariah, bauran pemasaran dalam perspektif syariah, dan Islamic Brand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penerapan manajemen pemasaran syariah dengan tingkat kepuasan konsumen di desa Kempas Jaya adalah sebesar 82% yang berarti berada dalam kategori “Sangat Puas”. Dapat ditarik kesimpulan akhir bahwa terdapat adanya hubungan antara penerapan manajemen bisnis syariah dengan kepuasan konsumen di desa Kempas Jaya. Manajemen bisnis syariah perlu diterapkan oleh para pelaku usaha sehingga kepuasan konsumen dapat terpenuhi terutama pada umat Islam agar terciptanya pemasaran syariah yang baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aktualita

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Aktualita adalah jurnal penelitian sosial keagamaan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) An-Nadwah Kuala Tungkal. Yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Topik-topik kajian jurnal ini dikembangkan dalam Sosial ...