Untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa seorang guru harus memahami siswanya baik secara pribadi maupun konteks dimana pengajaran terjadi. Oleh karena itu guru memerlukan a) Kompetensi Pedagogik yang berkaitan dengan kemampuan mengajarnya. b) Kompetensi kepribadian, meliputi kepribadian terpuji yang menjadi teladan. c) Kompetensi Sosial, memungkinkan komunikasi efektif dengan siswa, rekan kerja, dan masyarakat dan d) Kompetensi Profesional, yang melibatkan pengetahuan luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana guru meningkatkan motivasi siswa dalam sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur, menganalisis defenisi dan data yang relevan dari buku bahan referensi, dan jurnal untuk membangun landasan teoritis untuk memahami strategi guru dalam meningkatkan motivasi siswa. Tujuannya adalah menghasilkan artikel yang merinci cara kerja guru Sejarah Kebudayan Islam (SKI) dalam memotivasi siswa dan fatktor-faktor dan mendorong motivasi tersebut. Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam, yang merupakan salah satu komponen Pendidikan Agama Islam di berbagai jenjang pendidikan, menawarkan pembelajaran berharga dari masa lalu berkontribusi terhadap perkembangan moral siswa dan refleksi mereka terhadap pengalaman masa lalu dan masa depan.
Copyrights © 2024