Pendidikan jasmani memainkan peran krusial dalam pengembangan fisik, keterampilan motorik, dan sosial emosional siswa. Namun, banyak sekolah menghadapi keterbatasan dalam sarana prasarana PJOK yang memadai, sehingga menghambat proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan modifikasi alat, salah satunya penggunaan bola plastik dalam pembelajaran bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan bola plastik sebagai alat peraga terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli di kalangan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur, di mana peneliti menganalisis 10 jurnal terkait yang relevan dengan topik. Data dikumpulkan dari berbagai sumber akademik yang membahas penggunaan modifikasi alat dalam pembelajaran PJOK, khususnya bola voli. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 8 Bakam, dengan fokus pada siswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran bola voli menggunakan bola plastik. Hasil dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa penggunaan bola plastik modifikasi memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar bola plastik, khususnya dalam keterampilan passing bawah. Dari analisis terhadap 10 jurnal, ditemukan bahwa Penerapan model pembelajaran menggunakan bola plastik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam permainan bola voli, serta memberikan dampak positif terhadap motivasi dan kepercayaan diri mereka saat berlatih.
Copyrights © 2024