MANDAR: Management Development and Applied Research Journal
Vol 7 No 1 (2024): Vol 07, No 01 (2024): December (2024)

Keputusan Pembelian ditinjau dari E-Service Quality, Online Customer Rating, dan Online Customer Review pada Marketplace Shopee

Vadila, Vani (Unknown)
Sarah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengaruh E-Service Quality, Online Customer Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggabungkan pendekatan deskriptif dan verifikatif serta menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya. Demografi penelitian ini menggunakan 100 konsumen sebagai sampel, mewakili target demografi pengguna Marketplace Shopee yang diperkirakan mencapai kurang lebih 100.000.000 orang dalam rentan waktu 2024. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa Keputusan Pembelian dan E-Service Quality pada Marketplace Shopee dinilai baik oleh responden, menunjukkan persepsi positif. Online Customer Rating dan Online Customer Review dinilai sangat baik Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga pendekatan utama dalam memperkuat keputusan pembelian, yaitu E-Service Quality, Online Customer Rating dan Online Customer Review yang memliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee. Temuan ini menambahkan pemahaman bagi pelaku industri Marketplace Shopee untuk mengoptimalisasi E-Service Quality, mengembangkan mekanisme rating komprehensif, dan mendorong review berkualitas. Penelitian lanjutan disarankan untuk memperluas konstruk dengan mengeksplorasi variabel kontekstual tambahan seperti kepercayaan, persepsi risiko, dan variabel emerging lainnya dalam dinamika keputusan pembelian digital

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mandar

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

E-Jurnal Mandar (Online ISSN: 2654-4504) dan (Print ISSN: 2721-1436) adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online dua kali dalam setahun (setiap 6 Bulan). E-Jurnal Mandar bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran pengetahuan bagi ...