Jurnal Nirta: Studi Inovasi
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Nirta : Studi Inovasi

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS FLIPBOOK PADA ELEMEN PRINSIP-PRINSIP DAN KONSEP AKUNTANSI DASAR DAN PERBANKAN DASAR FASE E GUNA MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK

Lailiyah, Ziadatul Nur (Unknown)
Wanda Nuranisa (Unknown)
Nawara Daud Caesar Henery (Unknown)
Luqman Hakim (Unknown)
Amirul Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar practice set akuntansi perusahaan dagang berbasis flipbook, mengevaluasi kelayakannya, serta menganalisis respons peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar tersebut. Penelitian pengembangan ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan utama: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di beberapa SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar elektronik berbasis flipbook pada mata pelajaran ekonomi memberikan dampak positif, baik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik maupun aktivitas mereka selama proses pembelajaran. Aktivitas peserta didik yang mengalami peningkatan mencakup aspek visual, verbal, mendengarkan, menulis, serta keterlibatan emosional. Hal ini menegaskan bahwa bahan ajar berbasis flipbook dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan mendukung pembelajaran interaktif serta menyenangkan. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar elektronik, Flip Book, Hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Manajemen dan ...