cover
Contact Name
Edi Rohman
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+628174778645
Journal Mail Official
info@nlc-education.or.id
Editorial Address
Jl. Tukad Gangga IV No. 3, Denpasar Bali Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Nirta: Studi Inovasi
Published by Nirta Learning Centre
ISSN : -     EISSN : 28076648     DOI : 10.61412
artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Manajemen dan Pariwisata
Articles 194 Documents
Learning Deixis In Class Using A Case Study Of Bambang Yudhoyono’s Speech On Climate Change Conference Linanda Jatmikawati
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v1i1.5

Abstract

This writing is entitled “Deixis of Bambang Yudhoyono’s Speech in Climate Change Conference”. It is aimed at finding the types of deixis that has in two speeches of Bambang Yudhoyono in climate change conference, to analyze how the deixis expressions and the deictic markers are presented in the speech. This speech also has discourse deixis elements such as: it, this/ these and that/those. Social deixis in these speeches only used Arabic term. The percentages of deictic markers in these speeches are dominated by the deictic markers of person and deictic marker of discourse.
Marketing Mix Pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Denpasar Bali Raden Agrosamdhyo
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan Marketing Mix pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Denpasar. Menjelaskan kegiatan dalam Marketing Mix produk simpanan menggunakan strategi bauran pemasaran atau Marketing Mix yang terdiri dari konsep 7P yaitu : Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi), People (Orang), Process (Proses), dan Physical Evidence (Fasilitas Fisik).
Strategi Pengumpulan Dana ZIS Melalui Sistem Berbayar Nontunai QRIS Dalam Meningkatkan Minat Donatur di BAZNAS Provinsi Bali Muhamad Arief Nugraha; Raden Agrosamdhyo
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v1i1.7

Abstract

Sebagai langkah untuk mengoptimalisasi pengumpulan dana ZIS, dibutuhkan sebuah strategi untuk mempermudah donatur dalam menyalurkan dana zakat, infaq, dan sodaqoh. Sebagai sistem pembayaran nontunai yang praktis, Qris dijadikan media pengumpulan dana ZIS oleh BAZNAS Provinsi Bali dalam upaya meningkatkan minat para donatur. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah strategi pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris dalam meningkatkan minat donatur di BAZNAS Provinsi Bali? (2) Bagaimanakah sistem berbayar nontunai Qris mendukung strategi pengumpulan dana ZIS di BAZNAS Provinsi Bali? (3) Bagaimanakah cara menyelesaikan faktor penghambat dari pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris di BAZNAS Provinsi Bali? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pengumpulan dana ZIS melalui sistem berbayar nontunai Qris dalam meningkatkan minat donatur di BAZNAS Provinsi Bali, (2) Untuk mengetahui Qris menjadi pendukung strategi pengumpulan dana ZIS di BAZNAS Provinsi Bali, (3) Untuk mengetahui penyelesaian dari faktor penghambat strategi pengumpulan dana ZIS melalui Qris. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan akan dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data yang diperoleh berdasarkan fakta dan data dilapangan. Sumber data ialah sumber data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Untuk menguju validitas keabsahan data: (1) Kekuatan pengamatan, (2) Triangulasi dan, (3) Referensi. Untuk teknik analisa data meliputi: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan, (3) Simpulan atau verifikasi.. Hasil akhir dari penelitian ini adalah BAZNAS Provinsi Bali dalam menyebarkan Qr Code Qris melalui media offline milik mereka yaitu: Majalah dan brosur. Adapun yang melalui media online mereka lakukan pada: (1) Broadcast Whatsapp; (2) Instagram; (3) dan juga Facebook. Upaya BAZNAS Provinsi Bali dalam meningkatkan minat donatur yaitu dengan cara: (1) Membuat donatur nyaman dengan mendoakan mereka setelah berdonasi; (2) Membangun kepercayaan mereka melalui label BAZNAS sebagai lembaga pemerintah dan melakukan publikasi terhadap pelaporan keuangan mereka. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini nantinya bisa menambah pustaka dan sarana pengembangan ilmu pengetahuanKata kunci: Strategi Pengumpulan, Minat Donatur.
Strategi Penghimpunan ZIS dan Penyaluran ZIS dalam Program Sebar Sembako pada Masa Pandemi Covid-19 di Baznas Provinsi Bali Eka Suci Fitriani; Raden Agrosamdhyo
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v1i1.8

Abstract

Dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi wabah Covid-19, Baznas melakukan operasi pengelolaan ZIS dengan strategi penghimpunan dan penyaluran ZIS dalam program penyaluran sembako untuk masyarakat yang terdampak. Tujuan penelitian untuk mengetahui Strategi Penghimpunan ZIS dan Penyaluran ZIS dalam Program Sebar Sembako pada Masa Pandemi Covid-19 di Baznas Provinsi Bali. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan 10 orang dipilih dengan teknik purposive. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi serta kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi penghimpunan ZIS Baznas meliputi sosialisasi kepada Instansi pemerintah tingkat I, lembaga keuangan, dan majelis ta’lim, mengirimkan laporan pertanggung jawaban, mempromosikan program melalui tiga media yaitu media cetak, media sosial, dan media elektronik, memberi pelayanan pembayaran ZIS dengan cara pembayaran langsung, jemput zakat, membentuk UPZ di lembaga pemrintahan dan swasta, membuka rekening di beberapa Bank, scan barcode dan menjalin hubungan yang baik dengan muzaki/donatur, 2) Strategi penyaluran ZIS meliputi kepatuhan terhadap ketentuan syariah dan sesuai dengan UU, mengikuti protokol penanganan Covid-19 dengan physical distancing, social distancing, dan penggunaan masker, pendekatan penyaluran antara push approach dan pull approach, memberikan surat tembusan kepada gugus tugas Covid-19.
Analisis Laporan Keuangan Dana ZIS Baznas Kota Denpasar Berdasarkan PSAK 109 Siti Komariah; Raden Agrosamdhyo
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v1i1.9

Abstract

Transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan zakat menjadi sebuah kemestian, karena zakat merupakan amanah dari para muzakki yang dititipkan untuk didistribusikan kepada para mustahik dengan penuh amanah dan tanggung jawab. Media transparansi dan akuntabilitas adalah dengan menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang diterima umum. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Analisis laporan keuangan dana ZIS Baznas Kota Denpasar berdasarkan PSAK 109, 2) Dampak yang diterima oleh Baznas Kota Denpasar sejak menerapkan PSAK 109 dalam menyajikan laporan keuangan dana ZIS. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan terdiri dari 7 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang diperoleh berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Baznas Kota Denpasar telah menunjukkan kualitas pencatatan transaksi yang baik dengan menggunakan double entry yang sesuai dengan PSAK 109. Dalam PSAK 109 terdapat empat indikator pencatatan keuangan dana ZIS yakni pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan. Namun untuk sementara, Baznas Kota Denpasar masih belum melakukan pencatatan dalam hal pengukuran. Dalam hal penyajian laporan keuangan, Baznas Kota Denpasar menyajikan laporan posisi keuangan, laporan perubahan dana, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan, sedangkan laporan perubahan aset kelolaan tidak disajikan. Dampak yang diterima oleh Bazas Kota Denpasar sejak menerapkan PSAK 109 dalam laporan keuangan dana ZIS yaitu laporan keuangan lebih
STRATEGI GERAKAN SEDEKAH MAKAN RAKYAT (SEMARAK) DALAM MENINGKATKAN MINAT MUZAKI DI LAZNAS DEWAN DAKWAH PROVINSI BALI Sahril; Kusjuniati
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v2i2.10

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mengetahui strategi Semarak di Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali. Untuk Mengetahui minat muzaki terhadapat gerakan Semarak di Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali. Untuk Mengetahui dampak dari program gerakan Semarak di Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali dan muzaki Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali dengan menggunakan teknik purposive. Serta pengumpulan data berupa: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil tersebut menunjukkan adanya minat muzaki terhadap adanya Semarak.
IMPLEMENTASI INTERNAL STRATEGIC FACTORS ANALYSIS SUMMARY DAN EXTERNAL STRATEGIC FACTORS ANALYSIS SUMMARY DALAM PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS PROVINSI BALI Ayu; Kurniawati
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v2i2.11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi IFAS dalam pengelolaan zakat di Baznas Provinsi Bali. Untuk mengetahui implementasi EFAS dalam pengelolaan zakat di Baznas Provinsi Bali. Untuk mengetahui pengelolaan dana zakat melalui IFAS dan EFAS di Baznas Provinsi Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu mengambil informan dengan tujuan tertentu, teknik purposive sampling memiliki kriteria yaitu sampel berdasarkan individu, kelompok, maupun wilayah harus memenuhi latar belakang yang diinginkan oleh peneliti. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus dari Baznas Provinsi Bali dan muzaki. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Huberman, yaitu melakukan aktivitas analisis data secara terus menerus hingga datanya jenuh. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa implementasi IFAS untuk faktor kekuatan menunjukkan keunggulan pasar sebagai faktor paling signifikan, terbukti dari bukti pembayaran zakat dapat menjadi pengurang pajak penghasilan. Sedangkan faktor kelemahan yang paling merugikan adalah kurangnya fasilitas seperti kendaraan operasional ataupun alat operasional untuk sehari-hari. Sementara implementasi EFAS faktor peluang yang paling menguntungkan adalah hubungan antara pemasok dengan pembeli dimana hubungan antara amil dan muzakki ataupun muzakki dan mustahiq berjalan dengan baik, sedangkan faktor ancaman yang paling menghambat adalah pertumbuhan pasar yang lambat. Selain proses pembayaran zakat oleh muzakki dapat dilakukan secara online maupun offline, sementara penyaluran kepada mustahiq didahului dengan survei yang dilakukan oleh amil.
ANALISIS BISNIS JUAL BELI KENDARAAN BEKAS MELALUI MAKELAR BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS ANANG MOTOR DENPASAR BARAT) Nafis; Agrosamdhyo; Kurniawati
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v1i1.12

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mengetahui bisnis jual beli kendaraan bekas melalui makelar Anang Motor Denpasar Barat. Untuk mengetahui praktik makelar ditinjau dari perspektif Islam Anang Motor Denpasar Barat. Untuk mengetahui bisnis jual beli kendaraan bekas melalui makelar apakah sudah sesuai dengan perspektif Islam Anang Motor Denpasar Barat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Anang Motor, kariyawan sebagai makelar Anang Motor, dan pembeli Anang Motor dengan menggunakan teknik purposive. Serta pengumpulan data berupa: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan terhadap perspektif Islam.
IMPLEMENTASI MERGER DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG DENPASAR GATOT SUBROTO Alfia; Sahrial
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v2i2.13

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi merger dalam menarik minat nasabah, untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran BSI Kantor Cabang Denpasar dalam menarik minat nasabah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan triangulasi dalam pengujian kredibilitas sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Syariah Indonesia Cabang Denpasar dan nasabah BSI dengan menggunakan teknik purposive. Serta pengumpulan data berupa: Wawancara dan Dokumentasi. Hasil tersebut menunjukkan adanya keterminatan nasabah walaupun dengan adanya merger.
Strategi Penyaluran Zakat Produktif Melalui Program Senyum Usaha Dalam Pemberdayaan Ekonomi Di Lembaga Amil Zakat Dompet Sosial Madani Wilayah Denpasar Bali Ria Ashari; R Agrosamdhyo; Kurniawati Kurniawati
Jurnal Nirta : Inovasi Multidisiplin Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Nirta : Studi Inovasi
Publisher : Nirta Learning Centre

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61412/jnsi.v1i2.14

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang tidak bisa dianggap mudah untuk dicarikan solusinya karena sudah ada sejak lama, dan menjadi kenyataan yang hidup di tengah masyarakat. Salah satu cara menanggulangi kemiskinan adalah dukungan orang yang mampu untuk mengeluarkan harta kekayaan mereka berupa dana zakat kepada mereka yang kekurangan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi penyaluran zakat produktif melalui program senyum usaha dalam pemberdayaan ekonomi di DSM Wilayah Denpasar Bali, 2) Untuk mengetahui peran penyaluran zakat produktif melalui program senyum usaha dalam pemberdayaan ekonomi mustahik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 12 informan yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive. Teknik analisis data yang digunakan meliputi; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Strategi yang digunakan oleh Dompet Sosial Madani Wilayah Denpasar Bali dalam menyalurkan dana zakat yaitu: Penyaluran dana zakat yang bersifat produktif. DSM Bali melakukan pemberdayaan kepada mustahik berupa, pelatihan dan pendampingan kewirausahaan untuk mustahik. 2) Peran penyaluran zakat produktif melalui program senyum usaha dalam pemberdayaan ekonomi adalah mustahik mampu meningkatkan kebutuhan ekonomi bagi keluarganya terutama kebutuhan pokok sehari-hari.

Page 1 of 20 | Total Record : 194