Jurnal Nirta: Studi Inovasi
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Nirta : Studi Inovasi

Analisis Butir Soal HOTS untuk Menguji Pemahaman Siswa SMK Jurusan Akuntansi Menggunakan Software Anates

Dinda Meilin Syafiriya (Unknown)
Putri Ayu Rahmawati (Unknown)
Zuhrotul Qolbi (Unknown)
Luqman Hakim (Unknown)
Vivi Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian uji coba soal ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa SMK jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga pada elemen Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur yang dilakukan pada bulan November 2024. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menyebar g-form kepada subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan program Anates versi 4.0.9 untuk mengukur reliabilitas, kesulitan, daya beda, kualitas pengecoh, serta rekapitulasi analisis item soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai reliabilitas dari soal tes berkriteria cukup dengan nilai reliabilitas sebesar 0,65 . Untuk Tingkat kesulitan butir soal diketahui 12 soal dengan tingkat kesulitan “Sangat mudah” dan 3 soal tingkat kesulitan “mudah”. Dalam daya pembeda butir soal, terdapat 8 butir soal yang termasuk dalam kategori “Buruk”, 4 butir soal yang tergolong “Cukup”, 2 butir soal yang masuk kategori “Baik”, dan 1 butir soal yang tergolong “Sangat Baik”. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa, terdapat 4 butir soal yang dapat digunakan namun masih harus diperbaiki dan terdapat 8 butir soal yang harus diperbaiki. Sehingga hanya tersisa 3 butir soal dari 15 soal yang dapat digunakan untuk bahan uji coba peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Manajemen dan ...