Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 1 No. 4b (2024): OKTOBER (Tambahan)

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Kelas VII

Febrianti Sinaga, Tiona (Unknown)
Manurung, Binari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Kelas VII. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan berupa tes bentuk pilihan ganda. Sebelum perlakuan terlebih dahulu dilakukan pretest kepada kedua sampel, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, kemudian dilakukan posttest pada kedua sampel. Data penelitian dianalisis dengan uji t satu pihak untuk instrument tes. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelas eksperimen 50,3 dan rata-rata postes kelas kontrol 48,1. Setelah dilakukan pengujian hipotesis terhadap data posttest kedua kelompok diperoleh nilai dan = 1,697. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan analisis data yang dilakukan, Ha diterima yaitu atau 1,697 , maka literasi sains siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari literasi sains siswa dengan pembelajaran konvensional .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...