Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peranan penting dalam perkembangan karakter dan keterampilan anak. Di era digital, kebutuhan akan kurikulum yang inovatif dan adaptif semakin mendesak. Artikel ini mengusulkan pendekatan inovatif dalam pengembangan kurikulum TK dan PAUD yang mengintegrasikan teknologi secara strategis. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengidentifikasi konsep serta praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan teknologi interaktif dapat memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan keterampilan kognitif, dan mendukung pembelajaran sosial-emosional. Selain itu, artikel ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan kebijakan pendidikan untuk mencapai keberhasilan implementasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung perkembangan anak, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025