Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 2 No. 1b (2025): NOVEMBER 2024 - JANUARI 2025 (TAMBAHAN)

Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw: Solusi Efektif Melatih Fokus Dan Konsentrasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila SD

Stefani, Nindi Ardhita (Unknown)
Agustin, Putri (Unknown)
Nur Endratno, Sholichin (Unknown)
Tarsidi, Deni Zein (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Fokus belajar peserta didik sering menjadi tantangan dalam proses pembelajaran, terutama ketika siswa kurang berkonsentrasi dan cenderung bergurau selama kegiatan belajar. Dalam konteks pendidikan formal, sekolah dan universitas menyediakan lingkungan belajar yang berperan penting dalam mendukung proses tersebut. Untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan memotivasi siswa agar terlibat secara sukarela, guru dituntut memiliki kemampuan mengelola kelas secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Pancasila di sekolah dasar Kota Surakarta. Dengan menggunakan metode studi kasus dan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Jigsaw secara signifikan meningkatkan fokus dan konsentrasi siswa. Pendekatan ini mendorong keterlibatan aktif melalui tanggung jawab individu terhadap materi tertentu serta interaksi antar siswa, sehingga mengurangi kebosanan dan meningkatkan minat belajar. Selain meningkatkan prestasi akademik, model ini juga memperkuat kepercayaan diri siswa, menjadikannya strategi yang efektif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...