Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 2 No. 1b (2025): NOVEMBER 2024 - JANUARI 2025 (TAMBAHAN)

Model Pembelajaran BESTARI: Membangun Pondasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PPKN SD

Nurcahyani, Oktavia (Unknown)
Waskitho, Olivia Marcha (Unknown)
Widarsih (Unknown)
Keyla, Zifora Putri (Unknown)
Tarsidi, Deni Zein (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana model pembelajaran BESTARI dapat diterapkan dalam pembelajaran PPKN di sekolah dasar, khususnya dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Studi kasus ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang penggunaan model ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model pembelajaran BESTARI menggabungkan berbagai pendekatan yang berbeda untuk membuat lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan interaktif. Pendekatan ini seperti Problem Based Learning, Visual Auditory Kinesthetic, dan Snowball Throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Ini juga menunjukkan bahwa siswa lebih terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar, yang menghasilkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. Oleh karena itu, model pembelajaran BESTARI sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan PPKN di sekolah dasar. Model pembelajaran ini membantu siswa memperoleh keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan di era saat ini.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...