Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 2 No. 1b (2025): NOVEMBER 2024 - JANUARI 2025 (TAMBAHAN)

Analisis Semiotika pada Kumpulan Puisi “Kita Pernah Saling Mencinta” Karya Felix K. Nesi Kajian Michael Riffaterre

Nur Afiat Humaira, Annisa (Unknown)
Azharina, Azharina (Unknown)
Fitri M, Fitri M (Unknown)
Jannah, MIftahul (Unknown)
Jahrir, Andi Sahtiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna yang terkandung dalam kumpulan puisi "Kita Pernah Saling Mencintai" karya Felix K. Nesi menggunakan pendekatan semiotika yang dikembangkan oleh Michael Riffaterre. Pendekatan ini diterapkan untuk menggali makna tersembunyi dalam puisi melalui tahapan analisis heuristik, hermeneutik, matriks, model, varian, hipogram, dan ekspresi tidak langsung. Data utama yang digunakan adalah kumpulan puisi tersebut, sementara data sekunder berupa literatur yang relevan dengan teori semiotika Riffaterre dan karya Felix K. Nesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puisi ini mengungkapkan dinamika hubungan emosional dan sosial dalam konteks cinta, kehilangan, perubahan, dan rekonsiliasi. Melalui pembacaan heuristik dan hermeneutik, peneliti mengidentifikasi konsep-konsep sentral (matriks) yang kemudian dikembangkan dalam model dan varian untuk memperjelas makna puisi. Penelitian ini juga mengungkap ekspresi tidak langsung dalam puisi yang berkaitan dengan perpindahan makna, distorsi makna, dan penciptaan makna. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang ekspresi cinta dalam karya sastra Indonesia kontemporer dan memperkaya kajian semiotika puisi melalui teori Riffaterre.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...