Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 2 No. 1b (2025): NOVEMBER 2024 - JANUARI 2025 (TAMBAHAN)

Mengungkap Akar Bullying: Perspektif Al Qur’an dan Hadits dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Inklusif pada Madrasah Ibtidaiyah

Maghfiroh, Maghfiroh (Unknown)
Nasrulloh, Nasrulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Bullying merupakan permasalahan serius yang berdampak negatif pada kesejahteraan fisik, emosional, dan sosial anak-anak, khususnya di lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap akar permasalahan bullying melalui perspektif Al Qur’an dan Hadits, serta menganalisis bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diterapkan untuk membangun lingkungan belajar yang inklusif di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis literatur, mengkaji sumber-sumber primer dan sekunder yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al Qur’an dan Hadits mengandung prinsip-prinsip yang dapat menjadi landasan kuat dalam mencegah dan menangani bullying. Nilai-nilai seperti keadilan, kasih sayang, dan kesetaraan, jika diterapkan secara konsisten, dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung perkembangan holistik siswa. Implementasi nilai-nilai ini mencakup peningkatan pemahaman tentang ajaran Islam dalam proses belajar-mengajar dan peneladanan sikap Rasulullah Muhammad ﷺ. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan berlandaskan Al Qur’an dan Hadits tidak hanya efektif dalam mengatasi bullying, tetapi juga esensial dalam pembentukan karakter siswa yang berakhlak mulia dan beradab. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan strategi pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...