Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi dalam meningkatkan pemahaman pendidikan seksual pada anak dengan hambatan intelektual. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperiment One Group Pre-test Post-test. Pada hasil pre-test tingkat pengetahuan pendidikan seksualitas responden berada pada kategori rendah. Pada hasil post-test pada keempat responden terdapat peningkatan skor pre-test dan post-test. Pada responden S terjadi peningkatkan skor dari 1 menjadi 32, pada responden SM terjadi peningkatan skor dari 0 menjadi 29, responden KM terjadi peningkatan skor dari 3 menjadi 33, dan pada responden MY terjadi peningkatan skor dari 0 menjadi 31. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon menunjukkan hasil Thitung 0 dan pada taraf kepentingan 0,05 dengan angka N = 4 untuk jumlah siswa tertentu, diperoleh Ttabel 2,92 maka pada saat itu, H0 ditolak karena Thitung < Ttabel, yang berarti bahwa teori yang diusulkan dalam pengamatan ini diakui. Hal ini menunjukkan bahwa media video animasi secara signifikan memiliki pengaruh terhadap pemahaman Pendidikan seksualitas pada anak dengan hambatan intelektual di SKh Gytha Kyara 02 Carita.
Copyrights © 2024