Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 19 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Pengaruh Gaya Komunikasi Asertif Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Masmur Pekanbaru.

Hidayati, Okfrida (Unknown)
Risnawati, Risnawati (Unknown)
Rizqa, Miftahir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Gaya Komunikasi Asertif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Masmur Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 39 orang dan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi di jadikan sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh nilai probabilitas sig = 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000 < 0,05. Dengan demikian diterima dan ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan gaya komunikasi asertif guru terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Masmur Pekanbaru. Kontribusi gaya komunikasi asertif guru terhadap motivasi belajar siswa diperoleh 48,3% sedangkan 51,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...