Jurnal Bisnis dan Ekonomi
Vol 3 No 1 (2025): Jurnal Bisnis dan Ekonomi

Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Bisnis untuk Meningkatkan Brand Awareness

Ratnasari, Desi (Unknown)
Fachrian, Zian (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi bisnis melalui media sosial dalam meningkatkan brand awareness UMKM. Di era digital yang berkembang pesat, media sosial telah menjadi saluran penting untuk memperkenalkan dan mempromosikan merek kepada khalayak yang lebih luas. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan mengumpulkan sumber dari tujuh jurnal yang relevan, yang membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial dan dampaknya terhadap brand awareness. Selain itu, juga dilakukan pretest dengan melibatkan 10 mahasiswa aktif Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IGI sebagai sampel, dengan komposisi 5 pria dan 5 wanita, untuk menguji elemen-elemen komunikasi bisnis yang dapat mempengaruhi brand awareness. Hasil penelitian : Komunikasi bisnis yang dilakukan melalui media sosial dapat memperkuat brand awareness UMKM, terutama melalui konsistensi unggahan konten, interaksi dengan khalayak, dan pemanfaatan fitur interaktif yang tersedia di media sosial. Hasil pretest juga mendukung temuan tersebut, dimana mayoritas responden menilai media sosial sangat efektif dalam meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan pasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Tentang Jurnal Ini Pendahuluan: Dalam periode setahun terakhir, OGZ Research & Publishing telah menerbitkan empat edisi Jurnal Ekonomi dan Bisnis dengan beberapa artikel ilmiah dalam setiap edisinya. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk menilai kualitas, relevansi topik, dan kontribusi Jurnal ...