Minda Baharu
Vol 8, No 2 (2024): Minda Baharu

BRANDING DAN EDUKASI STRATEGI MARKETING UMKM BROWNIES, USAHA PRODUKSI TEMPE DAN JASA JAHIT PAKAIAN DI PERUMAHAN GRAHA NAMARINA KECAMATAN SEKUPANG KOTA BATAM

Sinaga, Juwita Boneka (Unknown)
Marpaung, Junierissa (Unknown)
Manurung, Sulastri (Unknown)
Ardhi, Mega Aulia (Unknown)
Khurnia, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya branding dan strategi pemasaran dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM di Perumahan Graha Namarina. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan edukasi tentang pengambilan foto produk, pembuatan video menarik, dan pemasaran melalui media sosial. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari kegiatan sosialisasi branding dan edukasi strategi pemasaran. Hasil evaluasi menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dan dampak positif pada produk setelah diberikan logo dan merek pada kemasan serta strategi pemasaran yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan wawancara mendalam pada setiap narasumber. Dalam mengukur efektivitas kegiatan sosialisasi, digunakan tiga indikator yaitu pengetahuan produk, pengetahuan pengemasan produk, dan pengetahuan promosi dan strategi pemasaran. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya branding dan strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha mitra.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MNDBHRU

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Minda Baharu merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang di terbitkan Universitas Riau Kepulauan. Minda Baharu berfokus pada publikasi hasil penciptaan dan penerapan Inovasi dan Teknologi bagi masyarakat dengan lingkup semua disiplin ilmu. Mulai dari Volume 3 tahun 2019, Minda Baharu ...