JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 5 No. 2 (2024): (DECEMBER 2024) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Multikulturalisme dalam Sistem Pendidikan Islam: Interaksi Sosial di Pusat-Pusat Pembelajaran Era Abbasiyah

Julianti, Sherly (Unknown)
Ulhaq, Farhan (Unknown)
Amami, Lovia (Unknown)
Ramedlon, Ramedlon (Unknown)
Amin, Al Fauzan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Studi ini meneliti implementasi pendidikan multikultural di pusat-pusat pembelajaran Islam selama era Abbasiyah, dengan fokus pada interaksi sosial dan praktik pendidikan yang memfasilitasi pemahaman lintas budaya dan pertukaran pengetahuan. Melalui metodologi studi literatur kualitatif, dengan menganalisis sumber-sumber sejarah primer dan interpretasi ilmiah kontemporer, penelitian ini menyelidiki kerangka kelembagaan, pendekatan pedagogis, dan mekanisme sosial yang memungkinkan keberhasilan pendidikan multikultural. Temuan-temuan tersebut mengungkap struktur organisasi canggih yang mempromosikan lingkungan belajar yang inklusif, metode pengajaran inovatif yang mengakomodasi beragam perspektif budaya, dan program integrasi sosial yang efektif. Lima elemen kunci muncul sebagai hal yang krusial bagi keberhasilan pendidikan multikultural: kerangka kelembagaan untuk integrasi, pendekatan pedagogis untuk pembelajaran lintas budaya, mekanisme integrasi sosial, kegiatan pertukaran pengetahuan, dan praktik penyelesaian konflik budaya. Penelitian ini menunjukkan bagaimana lembaga pendidikan Abbasiyah berhasil menciptakan lingkungan yang mendorong pertumbuhan intelektual sambil mempromosikan pemahaman lintas budaya, menawarkan wawasan berharga untuk praktik pendidikan kontemporer dalam lingkungan multikultural.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...