Peran pemimipin sangatlah penting sekali dalam meningkatkan manajemen mutu terpadu di lembaga pendidikan. Pemimpin yang baik adalah bisa melaksanakan manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan lembaga yang sedang di pimpinnya agar tujuan yang telah ditetapkan berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan secara efektif dan efesien. Maka dari itu sebuah manajemen mutu terpadu sangatlah penting di sebuah lembaga pendidikan untuk mewujudkan tujuan lembaga pendidikan tersebut. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi kasusu di lapngan. Lokasi penelitian ini yaitu di SMAN 3 Bukittinggi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen mutu terpadu lembaga pendidikan di SMAN 3 Bukittinggi yaitu melalui beberapa tahap yang terdiri dari membuat tim kerja, membentuk sebuah tim kerja, melibatkan pemangku kepentingan, melibatkan siswa, serta melibatkan orang tua siswa. Maka dari itu dari beberapa upaya kepala sekolah diatas lembaga pendidikan ini berharap agar dalam proses meningkatkan manajemen mutu terpadu lembaga pendidikan ini bisa tercapai sesuai dengan visi dan misi lembaga pendidikan ini secara efektif dan efesien.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024