Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengembangan konten berbentuk e-modul di platform Microsoft Teams yang valid, praktis dan efektif dalam mengoptimalisasi kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (RnD) bermodel ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu 30 murid kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi, angket respon murid, serta tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan uji validitas, konten dengan skor rata-rata 93,33 berkategori valid dari segi media dan hasil uji validasi ahli materi dengan skor rata-rata 30,67 berkategori valid. Berdasarkan hasil angket respon murid, memperoleh skor rata-rata 42,67 berkategori praktis. Data hasil posttest diperoleh skor rata-rata 82,92 dan pretest dengan skor rata-rata 45,92. Hasil dari uji paired sampel t-test diperoleh 0,00<0,05 dengan arti adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis sebelum dan ssesudah pembelajaran dengn konten berupa e-modul bilangan bulat pada platform Microsoft Teams tersebut. Hasil N-Gain memperoleh skor 0,68 dengan kategori sedang. Sehingga disimpulkan bahwa konten berupa e-modul bilangan bulat pada platform Microsoft Teams yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk mengoptimalisasi kemampuan komunikasi matematis murid.
Copyrights © 2024