Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

Pengembangan instrumen assesmen kompetensi minimum (AKM) literasi numerasi untuk siswa kelas IV SD

Agustiningsih, Fany (Unknown)
Fahrurrozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur-unsur dalam setiap tahapan pengembangan instrument asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi dan mendeskripsikan kualitas instrument AKM literasi numerasi dari segi validitas, kepraktisan, tingkat kesukaran, daya beda, dan koefisien reliabilitas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) berdasarkan model pengembangan instrument Borg & Gall yang terdiri dari 10 angkah. Penelitian ini mengambil sampel dari 5 sekolah dasar yaitu, SDN 2 Pancor, SDN 3 Pancor, SDN 1 Selong, SDN 3 Sekarteja, SDN 1 Kembang Sari dengan jumlah keseluruhan sampel sebanyak 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: instrument asesmen kompetensi minimu (AKM) literasi numerasi telah mencapai kriteria sangat valid dengan skor 0,80 dan sangat praktis dengan skor 70,5. Untuk tingkat kesukaran menunjukan bahwa 8 item soal (mudah), 20 item soal (sedang), dan 2 item soal (sukar). Untuk Daya beda menunjukan 4 item soal (tidak baik), 19 item soal (cukup), dan 7 item soal (baik). Sedangkan untuk koefisien reliabilitas memperoleh hasil hitung 0,76 dengan kategori baik. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

notasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika [e-ISSN: 2988-5906] adalah Jurnal Open Access yang membahas terkait tentang pendidikan matematika yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Jurnal Notasi menerima artikel ilmiah penelitian atau kajian ...