Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2024): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Desain Pembelajaran Refleksi Geometri Menggunakan Pendekatan PMRI dengan Konteks Songket Prada Palembang

Sanita, Eka (Unknown)
Zulkardi, Zulkardi (Unknown)
Susanti, Ely (Unknown)
Meryansumayeka, Meryansumayeka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Local Instriction Theory (LIT) pada materi refleksi geometri kelas IX menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan konteks Songket Prada Palembang. Design research tipe validation studies ini melibatkan 31 siswa SMP Negeri 17 Palembang dengan tiga tahap utama: preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penyesuaian Hypothetical Learning Trajectory (HLT) menghasilkan LIT yang relevan mendukung pembelajaran refleksi. Aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan pendekatan PMRI berkonteks Songket Prada Palembang ini memungkinkan siswa memahami konsep secara bertahap, dari eksplorasi pola hingga formalisasi aturan refleksi geometri. Siswa menunjukkan kemampuan mengklasifikasikan objek sesuai sifat geometris pola songket, menyajikan ulang konsep refleksi, menghubungkan konsep proyeksi, simetri, dan refleksi dengan representasi matematis, mendeskripsikan konsep refleksi secara formal, serta memilih dan menggunakan prosedur dengan tepat. Beberapa temuan seperti kesalahan menentukan sumbu refleksi atau kurangnya kedalaman analisis mengindikasikan perlunya pendampingan lebih lanjut untuk memformalkan pemahaman siswa. Temuan ini mendukung pentingnya integrasi budaya lokal, seperti Songket Palembang, dalam pembelajaran matematika untuk pemahaman konsep abstrak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...