Artikel ilmiah ini membahas penilaian evaluasi sumatif dalam modul pengajaran bahasa Indonesia kelas IX, yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kesesuaian kerangka penilaian yang diuraikan dalam dokumentasi modul ajar. Penelitian ini dilakukan melalui analisis tiga dokumen modul ajar yang bersumber dari berbagai lembaga pendidikan, menggunakan metodologi deskriptif di samping teknik analisis konten. Temuan dari analisis mengungkapkan bahwa tidak satu pun dari tiga modul ajar yang menyertakan komponen penilaian sumatif, yang merupakan aspek penting untuk menentukan sejauh mana siswa telah memenuhi tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Kurangnya penilaian sumatif menandakan bahwa pendidik tidak melengkapi alat evaluasi yang memadai untuk memberikan umpan balik yang menguntungkan bagi kemajuan pendidikan. Lebih lanjut, diamati bahwa tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran termuat dalam dokumen, sedangkan indikator penilaian sumatif tidak ada. Artikel ini menganjurkan agar modul ajar disusun dengan menggabungkan penilaian sumatif , serta mengintegrasikan rubrik penilaian untuk meningkatkan objektivitas dan keabsahan evaluasi. Fokus pada penilaian sumatif dapat menjadi sumber data untuk perbaikan proses pembelajaran secara keseluruhan. Sehingga, perbaikan dalam perencanaan penilaian, terutama mengenai evaluasi sumatif, sangat penting untuk memfasilitasi peningkatan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2024