Abstrak PKM ini bertujuan untuk membantu guru Muhammadiyah di kawasan Baduy menjadi lebih cerdas dalam hal keuangan. Salah satu masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan guru tentang keuangan, yang berpotensi menghambat alam mengajarkan siswa bagaimana mengelola keuangan pribadi dan mengajarkan tentang pentingnya pengetahuan keuangan. Program pelatihan komprehensif yang mencakup perencanaan keuangan jangka panjang, tabungan, investasi, dan pengelolaan anggaran adalah solusi yang ditawarkan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis peserta melalui berbagai workshop dan sesi pelatihan interaktif. Setiap sesi pelatihan melibatkan guru dengan pendekatan partisipatif, yang memungkinkan diskusi kelompok tentang strategi pengelolaan keuangan dan berbagi pengalaman. Untuk mengevaluasi tingkat literasi keuangan peserta, pre-test dan post-test digunakan. Hasil program ini menunjukkan bahwa guru Muhammadiyah memiliki pengetahuan dan keterampilan keuangan yang lebih baik. Para instruktur tidak hanya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang manajemen keuangan, tetapi juga memperoleh kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa peningkatan pengetahuan tentang keuangan akan berdampak positif pada kesejahteraan ekonomi guru dan berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan Baduy. Program ini menunjukkan bahwa pemberdayaan keuangan dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pertumbuhan komunitas yang lebih berkelanjutan. Kata kunci: Guru-Guru Muhammadiyah, Kawasan Baduy, Literasi Keuangan, Pemberdayaan.
Copyrights © 2024