Education Achievement: Journal of Science and Research
Volume 6 Issue 1 March 2025

Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran pada LCE (Language & Cultural Exchange)

Malay, Irvan (Unknown)
Aulia, Ayu (Unknown)
Utari, Dinda (Unknown)
Meldayani, Meldayani (Unknown)
Falda, Syahdena Nuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana model pembelajaran Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada program Language and Cultural Exchange (LCE). Model discovery learning yang mengutamakan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar melalui eksplorasi dan penemuan mandiri, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bahasa dan budaya secara lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan peserta program LCE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning mampu meningkatkan keterampilan bahasa peserta, khususnya dalam aspek berbicara dan mendengarkan, serta memperkaya pemahaman mereka tentang budaya. Selain itu, model ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta melalui pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kontekstual. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Discovery Learning merupakan pendekatan yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada program LCE, dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan menyenangkan bagi peserta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsr

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Achievement: Journal of Science and Research terbit 3 kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober, Februari dan Juni, Education Achievement: Journal of Science and Research merupakan jurnal pada bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai ...