JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat jati

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Spasial Siswa SMP Pada Materi Kesinambungan

Fattah, Gilang Fathurrohman (Unknown)
Pratama, Loviga Denny (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele terhadap kemampuan spasial siswa pada materi kesebangunan. Objek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII B di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif serta menggunakan One Group Pre-Test-Post-Test Design. Uji yang dilakukan adalah uji normalitas serta uji T-test (Paired Sample T-Test). Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan signifikan 0,215 (Pre-Test) dan 0,157 (Post-Test) yang menunjukkan signifikansi > 0,05 (berdistribusi normal). Rata-rata nilai kelas sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele dari 40,57 menjadi 70,19 dengan uji Paired Sample T-Test diperoleh tingkat signifikansi 0,00< 0,05 (efektif). Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan spasial siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...