Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele terhadap kemampuan spasial siswa pada materi kesebangunan. Objek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII B di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif serta menggunakan One Group Pre-Test-Post-Test Design. Uji yang dilakukan adalah uji normalitas serta uji T-test (Paired Sample T-Test). Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan signifikan 0,215 (Pre-Test) dan 0,157 (Post-Test) yang menunjukkan signifikansi > 0,05 (berdistribusi normal). Rata-rata nilai kelas sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele dari 40,57 menjadi 70,19 dengan uji Paired Sample T-Test diperoleh tingkat signifikansi 0,00< 0,05 (efektif). Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan spasial siswa.
Copyrights © 2024