Jurnal Pendidikan
Vol 33 No 3 (2024): November

Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE): Dampaknya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Stoikiometri

Rahayu, Ayu (Unknown)
Adewia, Radiatul (Unknown)
Permana, Dian (Unknown)
Nasir, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Pemecahan masalah adalah salah satu skill yang perlu dimiliki siswa di abad 21. Seseorang yang berpikir kritis, analitis, dan imajinatif akan mudah dalam pemecahan masalah kimia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, yang bermaksud mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa setalah diimplementasikan model POE kelas X SMA Negeri 1 Pomalaa. Populasi sebanyak 278 yang kemudian menjadi sampel sebanyak 60 siswa melalui teknik random sampling. Kelas X.2 dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas X.6 dijadikan sebagai kelas eksperimen. Pendekatan pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi,wawancara,observasi dan ujian kemampuan pemecahan masalah.Analisis deskriptif dan inferensial, serta pengujian prasyarat dan hipotesis sebagi tahapan dari analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang dihasilkan terdistribusi normal dan homogen Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis berupa independent sample test post-test dengan nilai sig 0.000 kecil dari 0.05 sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa akibat dari penggunaan model Predict Observe Explain di kelas X SMA Negeri 1 Pomalaa pada materi stoikiometri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...