Jurnal Pendidikan
Vol 33 No 3 (2024): November

Meningkatkan Media Pancingan Huruf Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Konsonan Pada Anak Tunagrahita Ringan

Firnianti Putri, Dinda (Unknown)
Setia Budi (Unknown)
Iswari, Mega (Unknown)
Zulmiyetri, Zulmiyetri (Unknown)
Arnez, Gaby (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan di kelas IV SLB Negeri 2 Pariaman yang masih belum mampu mengenal huruf konsonan D, F, G, H. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan D, F, G, H melalui media pancingan huruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR). Desain Penelitian yang digunakan adalah Desain A-B. Desain A-B terdiri dari 2 Kondisi yaitu Baseline (A1) dan B (Intervensi). Hasil Penelitian menunjukkan dalam 12 kali pertemuan, yaitu pada kondisi Baseline (A1) dengan presentase 25%,25%,25%,25%. Pada Kondisi Intervensi (B) dengan presentase 50%,50%,59%,67%,75%,84%,84%,84%. Berdasarkan hasil presentase penelitian tersebut dan analisis data baik dalam kondisi dan antar kondisi Media Pancingan Huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan D, F, G, H bagi anak tunagrahita kelas IV SLB Negeri 2 Pariaman. Kata-kata Kunci: Tunagrahita, Media Pancingan Huruf. Huruf Konsonan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...