JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
Vol 9, No 4 (2024)

IMPLEMENTASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA ASESMEN PADA MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN DI SMK

Guntoro, Renita (Unknown)
Suparji, Suparji (Unknown)
Harimurti, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Quizizz se-bagai media asesmen pada mata pelajaran Dasar Kejuruan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DK DPIB) di SMK Negeri 2 Bo-jonegoro. Quizizz dipilih karena sifat interaktifnya dan kemampuann-ya memberikan penilaian secara langsung, yang sesuai dengan kebu-tuhan peserta didik di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan responden sebanyak 30 peserta didik kelas X. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mempercepat proses penilaian, dan memberikan hasil yang lebih objektif dibandingkan dengan metode penilaian tradisional. Sebagian besar peserta didik tidak mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi ini dan merasa diun-tungkan dengan umpan balik langsung. Selain itu, Quizizz dinilai lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Namun, kendala seperti akses inter-net dan keterbatasan perangkat masih menjadi tantangan dalam im-plementasi. Secara keseluruhan, Quizizz efektif sebagai media asesmen yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) e-ISSN: 2540 - 8984 was made to accommodate the results of scientific work in the form of research or papers are made in the form of journals, particularly the field of Information Technology. JIPI is a journal that is managed by the ...