Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Quizizz se-bagai media asesmen pada mata pelajaran Dasar Kejuruan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DK DPIB) di SMK Negeri 2 Bo-jonegoro. Quizizz dipilih karena sifat interaktifnya dan kemampuann-ya memberikan penilaian secara langsung, yang sesuai dengan kebu-tuhan peserta didik di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan responden sebanyak 30 peserta didik kelas X. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mempercepat proses penilaian, dan memberikan hasil yang lebih objektif dibandingkan dengan metode penilaian tradisional. Sebagian besar peserta didik tidak mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi ini dan merasa diun-tungkan dengan umpan balik langsung. Selain itu, Quizizz dinilai lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Namun, kendala seperti akses inter-net dan keterbatasan perangkat masih menjadi tantangan dalam im-plementasi. Secara keseluruhan, Quizizz efektif sebagai media asesmen yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK.
Copyrights © 2024