Pentingnya sebuah sistem dilakukan evaluasi penerimaan pengguna untuk mengidentifikasi user satisfaction, sehingga pengembang dalam melakukan update dan system maintenance yang sesuai dengan harapan penggunanya. Sistem e-learning Informatika (ELEARIF) sebagai salah satu media pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Informatika yang sangat penting untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan sistem e-learning Informatika menggunakan model integrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan model integrasi TAM dan EUCS. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa aktif Prodi Informatika angkatan 2020-2023 sebanyak 587 orang dan sampelnya sebanyak 85 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Software SmartPLS 3.3.3. Hasil pada penelitian ini terdapat 4 hipotesis yang diterima yaitu perceived of usefullness, per-ceived ease of use, content, dan attitude toward using dengan masing-masing nilai yakni 2.972, 2.480, 2.848 dan 20.951 1.96. Pada variabel yang ditolak terdapat pada variabel accuracy, format, ease dan timeless, dengan masing-masing nilai yaitu t-statistic masing-masing sebesar 0.657, 1.614, 1.261, dan 0.316 1.96.
Copyrights © 2024