MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 3 No. 1 (2025): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Maret 2025

Analisis Pelaksanaan Pendidikan Inklusi ABK Autisme di SDN Sungai Andai 3

Amaliah, Nahdiatun (Unknown)
Aripin, Salwa Salsabil Nur (Unknown)
Aminah, Siti (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Cinantya, Celia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Penelitian berjudul "Analisis Pelaksanaan Pendidikan Inklusi ABK Autisme di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin" bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan spektrum autisme di sekolah dasar tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompleksitas layanan pendidikan inklusif yang membutuhkan pendekatan komprehensif dan sistematis dalam mendukung kebutuhan belajar siswa autisme. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, koordinator guru pendamping khusus, guru pendamping khusus, dan siswa autisme. Analisis data dilakukan secara induktif dengan mengidentifikasi pola, tema, dan kategorisasi yang muncul selama proses penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan pendidikan inklusi sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 dan Permendiknas No. 70 tahun 2009. SDN Sungai Andai 3 memiliki 33 Guru Pendamping Khusus (GPK) yang mendampingi 3-4 anak berkebutuhan khusus di setiap kelas. Sekolah menyediakan sarana prasarana khusus seperti ruang inklusi untuk penanganan tantrum dan jalur khusus disabilitas. Program pembelajaran dirancang secara adaptif, termasuk program pengembangan motorik yang dilaksanakan setiap pekan, program bina diri untuk keterampilan sosial-emosional, dan program literasi. Penelitian ini juga mengungkapkan pentingnya kolaborasi internal antara wali kelas dengan GPK, serta kolaborasi eksternal dengan Dinas Pendidikan dan orang tua dalam memantau perkembangan anak. Implementasi pendidikan inklusi di sekolah ini menunjukkan komitmen dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung bagi semua siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...