Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan modul berbasis teknologi augmented reality untuk materi haji dan umrah. Modul ini dirancang untuk membuat pembelajaran tentang Islam lebih interaktif dan menarik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Analisis, diidentifikasi kebutuhan dan permasalahan terkait literasi digital Islam di SMP Bojonegoro. Tahap Desain berfokus pada perancangan modul AR yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Fase Pengembangan melibatkan pembuatan dan pengujian modul AR dengan konten yang relevan. Pada tahap Pelaksanaan, modul dilaksanakan dalam kelas uji coba dengan lima siswa serta di kelas besar. Terakhir, tahap Evaluasi mengevaluasi hasil pelaksanaan modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penilaian materi oleh ahli materi mencapai 89,35%, penilaian media oleh ahli media mencapai 87,4%, dan respon mahasiswa dari kelas uji coba adalah 86,7%. Respon dari siswa kelas besar mencapai 81,4%, dengan persentase penilaian keseluruhan rata-rata 86,2%. Persentase ini menunjukkan bahwa modul AR yang dikembangkan cocok digunakan dan efektif dalam membantu siswa mempelajari materi haji dan umrah.
Copyrights © 2024