Schrodinger : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 5, No 2 (2024): Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika

Dampak Penalaran Deduktif Terhadap Kemampuan Problem Solving Dalam Dinamika Partikel

Asih, Dwi Aprillia Setia (Unknown)
Kodariyah, Kodariyah (Unknown)
Hidayat, Nandang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Di era pendidikan modern, kemampuan problem solvingmenjadi salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa, khususnya materi dinamika partikel. Penalaran deduktif dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu mahasiswamemahami konsep-konsep dasar dalam dinamika partikel. Melalui penerapan prinsip-prinsip umum, mahasiswa dapat lebih mudah mengaitkan teori dengan praktik.Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasidampak penalaran deduktif terhadap kemampuan problem solving mahasiswadalammateridinamika partikel.Metode penelitian ini akan menggunakan desain kuasi eksperimen, dengan sampel dua kelas yakni kelas eksperimen yang menggunakan metode penalaran deduktif dalam proses pembelajaran dinamika partikel dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa Tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuanproblem solvingantara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil nilai tes yang mengacu pada indikator problem solvingdan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa penalaran deduktif lebih efektif membuat mahasiswa mampumengaitkan konsep-konsep dinamika partikelyang telah mereka pelajari dengan situasi nyata.Dengan kata lain penalaran deduktifberdampakterhadap kemampuan problem solvingmahasiswadalammateridinamika partikel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

schrodinger

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Schrodinger : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika mengkaji artikel hasil penelitian pada bidang fisika dan pendidikan ...