LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 4 (2024)

STUDI KOMPARATIF SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA DENGAN FINLANDIA

YUSTIANI, BERTY (Unknown)
SUSANTI, LR RETNO (Unknown)
SAFITRI, ERNA RETNA (Unknown)
GULO, FAKHILI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

This study aims to analyze and compare the basic education systems in Indonesia and Finland with a focus on learning approaches, teaching methods, evaluation, learner engagement and technology utilization. The Finnish education system is known globally for its holistic approach that emphasizes character development, creativity and collaborative skills through project-based learning, as well as formative and continuous evaluation. On the other hand, the Indonesian education system is still dominated by a results-oriented approach that focuses on academic achievement through top-down teaching methods, with the teacher as the center and students as passive recipients of information. This study reveals that Finland has significant advantages in creating an inclusive learning environment that encourages active participation of learners, as well as in the integration of technology to support learning. In contrast, in Indonesia, learner engagement and the use of technology in the teaching-learning process is still limited, with the main focus on exam preparation and grade attainment. This research suggests that aspects such as equitable access to education, utilization of technology and more comprehensive evaluation methods in the Finnish education system can be an inspiration for Indonesia to develop a more adaptive basic education model that is relevant to the demands of 21st century education. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan sistem pendidikan dasar di Indonesia dan Finlandia dengan fokus pada pendekatan pembelajaran, metode pengajaran, evaluasi, keterlibatan peserta didik, serta pemanfaatan teknologi. Sistem pendidikan Finlandia dikenal secara global dengan pendekatan holistiknya yang mengedepankan pengembangan karakter, kreativitas, dan kemampuan kolaboratif melalui pembelajaran berbasis proyek, serta evaluasi yang bersifat formatif dan berkelanjutan. Di sisi lain, sistem pendidikan Indonesia masih dominan dengan pendekatan berorientasi hasil yang menitikberatkan pada capaian akademik melalui metode pengajaran yang bersifat top-down, dengan guru sebagai pusat dan siswa sebagai penerima informasi pasif. Kajian ini mengungkapkan bahwa Finlandia memiliki keunggulan signifikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendorong partisipasi aktif peserta didik, serta dalam integrasi teknologi untuk mendukung pembelajaran. Sebaliknya, di Indonesia, keterlibatan peserta didik serta pemanfaatan teknologi dalam proses belajar-mengajar masih terbatas, dengan fokus utama pada persiapan ujian dan capaian nilai. Penelitian ini menyarankan bahwa aspek-aspek seperti kesetaraan akses pendidikan, pemanfaatan teknologi, dan metode evaluasi yang lebih komprehensif dalam sistem pendidikan Finlandia dapat menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk mengembangkan model pendidikan dasar yang lebih adaptif dan relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...