PeTeKa
Vol 7, No 4 (2024): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran) Publish

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU WORDWALL TERHADAP NUMERASI SISWA KELAS IV SDN PLAMONGANSARI 02

Rahayu, Reny Septy (Unknown)
Nuvitalia, Duwi (Unknown)
Darsino, Darsino (Unknown)
Listyarini, Ikha (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantukan Wordwall terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas IV di SDN Plamongansari 02. Metode yang digunakan adalah desain penelitian one-group pretest-posttest design dengan melibatkan 24 siswa sebagai sampel yang dipilih secara jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pretest dan posttest kepada siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik sampel dan analisis regresi sederhana untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan numerasi siswa setelah menerapkan model PBL berbantukan Wordwall, dengan nilai Koefisien Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y=35,292+0,646X dan didukung dengan uji F dengan nilai F-hitung sebesar 27,873 > F-tabel 4,41 artinya Ho ditolak dan H1 Diterima dengan kata lain Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap Numerasi Siswa Kelas IV SDN Plamongansari 02

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...