Permasalahan pada penelitian ini yaitu belum adanya e-modul berbasis android dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran informatika kelas x di SMK Negeri 3 Tebo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Android pada mata pelajaran Informatika kelas X DKV yang Valid dan Praktis. Jenis penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) digunakan untuk memastikan pengembangan yang sistematis dan sesuai kebutuhan. Pengembangan e-modul ini dilakukan menggunakan aplikasi Android Studio sebagai alat pengembangan utama untuk menciptakan aplikasi e-modul yang menarik dan mudah diakses. Hasil penelitiaan menunjukkan nilai rata – rata uji validasi e-modul yang dinilai oleh validator sebesar 71 % dengan kategori valid. Uji kepraktisan e-modul yang dinilai oleh guru mata pelajaran informatika sebesar 82% dengan kategori sangat praktis, dan uji kepraktisan e-modul yang dinilai oleh siswa sebesar 80% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh bahwa e-modul berbasis android layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025