Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (Mix method). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kusioner angket. Adapun teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dimana penelitian ini menggambarkan keadaan dari apa yang diteliti data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, yang digunakan oleh peneliti untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah diperoleh. Hasil belajar yang berada dalam kategori tinggi dengan persentase 54% dan motivasi belajar dalam katerogi sedang dengan persentase 63%. Yang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning mata pelajaran Akidah Akhlak pada peserta didik kelas VIII A MTs DDI Segeri banyak mengalami perubahan menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Copyrights © 2024