El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education
Vol. 3 No. 2: OKTOBER 2024

Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Viii A MTs DDI Segeri Kabupaten Pangkep

Saputra, Muh Fiqri (Unknown)
Abdullah, Nuraeni (Unknown)
Nengsi, Ratika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (Mix method). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kusioner angket.  Adapun teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dimana penelitian ini menggambarkan keadaan dari apa yang diteliti data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, yang digunakan oleh peneliti untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah diperoleh. Hasil belajar yang berada dalam kategori tinggi dengan persentase 54% dan motivasi belajar dalam katerogi sedang dengan persentase 63%. Yang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning  mata pelajaran Akidah Akhlak pada peserta didik kelas VIII A MTs DDI Segeri banyak mengalami perubahan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

el-fata

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

El-Fata publishing articles in the field of Sharia Economics and Islamic Education, with scope for the field of Sharia Economics: Islamic Ecnomic Philosophy, History of Islamic Though, Islamic Economic and Contemporary Issues, Non-Bank Islamic Finance Institutions, Islamic Banking Management, ...