Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kemampuan membaca pemhaman yang dimiliki peserta didik belum sepenuhnya bisa memahami isi bacaan dengan benar. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih berfokus pada guru berdampak pada cara membaca peserta didik yang belum tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah melalui penggunaan metode OK5R dalam proses pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan dan perbedaan kemampuan membaca pemahaman peserta didik antara menggunakan metode OK5R dengan metode ceramah . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan keseluruhan populasi berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada kelas yang menerapkan metode OK5R yang dilihat dari rata-rata nilai pre test 56,60 menjadi 82,80. Kemudian juga terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen dengan kelas kontrol melalui hasil analisis uji SPSS nilai  sig α (0,00) 0,05 hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara yang menggunakan metode OK5R dengan menggunakan metode ceramah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024