Abstrak. Stimulasi sangat penting dalam perkembangan anakĀ usia dini agarĀ kemampuan anak berkembang optimal sesuai dengan usianya. Kasus keterlambatan perkembangan bahasa semakin meningkat dari tahun ke tahun khususnya di era digital dan masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh stimulasi perkembangan utamanya aspek perkembangan bahasa yang dilakukan orangtua selama mendampingi anak usia dini berusia 0-5 tahun terhadap kecenderungan keterlambatan perkembangan bahasa (speech delay) anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia 0-5 tahun di Kota Makassar dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian yang disebarkan kepada para responden secara online maupun offline. Teknik analisis data menggunakan dengan metode analisis data regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < p (0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara stimulasi perkembangan yang dilakukan orangtua terhadap kecenderungan keterlambatan perkembangan bahasa (speech delay) pada anak usia dini. Adapun R2 yang diperoleh sebesar 0,597 atau senilai dengan 59,7% peranan stimulasi perkembangan orangtua terhadap kecenderungan perkembangan bahasa pada anak usia dini. Kontribusi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi seluruh orangtua akan pentingnya stimulasi perkembangan yang optimal agar anak usia dini mampu mencapai perkembangan sesuai usianya sehingga tidak terjadi keterlambatan perkembangan bahasa (speech delay) di periode golden year anak.Kata kunci: Stimulasi Perkembangan, Keterlambatan Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024