Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 7

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar

Usman, Usman (Unknown)
Wahyuni, A Sri Astika (Unknown)
Setiawan, Trisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2024

Abstract

Telah dikembangkan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada topik Kinematika Gerak. Pengembangannya menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pembatasan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan validasi bahan ajar berbasis PjBL yang telah dilakukan oleh dua validator ahli. Adapun aspek-aspek yang yang dinilai yaitu kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan model PjBL. Hasil validasi diperoleh bahwa aspek kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata 3.6, penyajian dengan nilai rata-rata 3.7, bahasa dengan nilai rata-rata 3.6 dan model PjBL dengan nilai rata-rata 3.7 dengan nilai maksimal masing-masing indikator sebesar 4. Dengan demikian hasil validasi ahli dapat disimpulkan layak digunakan dengan revisi sedikit. Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Fisika Dasar, Pengembangan 4D

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...