Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar berbasis Wordwall pada mata kuliah Compréhension Écrit Élémentaire di Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Medan untuk meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa semester 2 Kelas A pada materi Préparer un plat. Dengan pendekatan R&D menggunakan model ADDIE, penelitian ini melibatkan analisis kebutuhan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, serta validasi materi oleh pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall tidak hanya meningkatkan partisipasi mahasiswa dan pemahaman kosakata bertema kuliner Prancis, tetapi juga memperkaya pembelajaran secara interaktif. Materi ajar yang dihasilkan telah divalidasi menggunakan skala Likert untuk menilai kelayakan dan efektivitas, dengan hasil luaran berupa materi ajar, laporan akhir, dan publikasi jurnal yang diharapkan membantu mahasiswa mencapai level A2 CECRL serta mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi.
Copyrights © 2024