Identifikasi gaya belajar diperlukan untuk memaksimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Dalam pengamatan awal di kelas IIC SD Supriyadi 02 ditemukan bahwa guru belum sepenuhnya mengidentifikasi gaya belajar peserta didik. Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar peserta didik di kelas IIC SD Supriyadi 02 dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Riset ini tergolong dalam penelitian kualitatif deskriptif yang mempunyai subjek peserta didik kelas IIC SD Supriyadi 02. Pengumpulan data yang diterapkan pada riset ini mencakup angket asesmen diagnostik, wawancara, dan observasi. Riset ini melakukan analisis data melalui reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Penyelidikan ini mengindikasikan bahwa terdapat beragam gaya belajar pada peserta didik kelas IIC SD Supriyadi 02 yaitu 11 visual, 8 auditori, dan 7 kinestetik. Gaya belajar tersebut dapat dipersentasekan dengan 42% visual, 31% auditori, dan 27% kinestetik. Gaya belajar berguna dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi sehingga guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan peserta didik.
Copyrights © 2025